Friday 26 July 2013

bagaimana cara memperbaiki baterai laptop

Laptop baterai yang berbeda dari jenis lain baterai ke dalam bahwa mereka menyediakan layanan hidup yang relatif singkat dan mahal untuk mengganti. Pada artikel ini kita melihat alasan mengapa baterai ini tidak bertahan dan memeriksa biaya penggantian tinggi. Kami juga melihat ke dalam kemungkinan memperbaiki mereka.
Sebagian besar komputer laptop saat ini yang didukung dengan baterai Lithium-ion.

Dalam kondisi baik, Lithium? Ion memberikan 300-500 debit / siklus biaya atau 2 sampai 3 tahun layanan dari waktu baterai meninggalkan jalur produksi. Kerugian kapasitas terjadi resistensi internal melalui peningkatan yang disebabkan oleh oksidasi sel. Akhirnya perlawanan mencapai titik di mana baterai tidak dapat lagi memberikan energi yang dibutuhkan meskipun energi masih mungkin hadir dalam baterai. Tidak ada solusi untuk memulihkan kapasitas ketika usang. Pemanasan baterai sesaat akan meningkatkan kinerja.

Gambar 1 menggambarkan kapasitas dipulihkan pada suhu penyimpanan berbagai tingkat biaya lebih dari satu tahun. Berbasis kimia nikel, sebuah kimia yang juga digunakan di laptop, diilustrasikan pada kolom kanan. Kerugian kapasitas berlangsung pada skala linier kuasi untuk tahun kedua dan ketiga


Gambar 1: kapasitas kerugian Non-dipulihkan pada Lithium-ion dan baterai berbasis nikel setelah satu tahun penyimpanan. Tingkat biaya tinggi dan suhu tinggi mempercepat kehilangan kapasitas. Kapasitas kehilangan satu tahun terakhir berlangsung dalam skala yang cukup linier.

Selama digunakan, baterai dalam banyak laptop meningkat menjadi sekitar 45 ° C (113 ° F). Kombinasi dari tingkat pengisian tinggi dan temperatur ambien tinggi menyajikan suatu kondisi yang kurang menguntungkan untuk baterai. Hal ini menjelaskan lebih pendek umur baterai laptop.

Kebanyakan baterai laptop yang 'pintar', yang berarti bahwa beberapa bentuk komunikasi terjadi antara baterai dan pengguna. Definisi 'pintar' bervariasi antara produsen dan badan pengawas. Beberapa produsen baterai panggilan mereka 'pintar' dengan hanya menambahkan sebuah chip yang menentukan pengisi daya ke algoritma biaya yang benar. Baterai Smart System (SBS) menyatakan bahwa forum 'pintar' baterai harus menyediakan negara-of-charge (SoC) indikasi.

Ada dua arsitektur umum dari 'pintar' baterai. Mereka terdiri dari sistem kawat tunggal ditemukan pada high-end perangkat radio komunikasi dan peralatan kamera video, dan sistem dua kawat, biasanya digunakan pada laptop. Sistem dua kawat biasanya dikonfigurasi sebagai Sistem Manajemen Bus (SMBus). Karena umum digunakan dalam laptop, kita akan fokus pada sistem SMBus. Gambar 2 menunjukkan tata letak
  Gambar 2: Sistem SMBus Dua-kawat.
SMBus didasarkan pada sistem dua-kawat menggunakan protokol komunikasi standar. Sistem ini cocok untuk pengukuran state-of-charge dan negara-of-kesehatan standar.
Baterai SMBus memiliki lima atau lebih koneksi baterai yang terdiri dari terminal baterai positif dan negatif, termistor, jam dan data. Sambungan biasanya tidak ditandai dan berusaha untuk menguji jenis baterai muncul rumit. Gambar 3 menjelaskan fungsi baterai dengan 6 koneksi.

Gambar 3: Koneksi dari baterai laptop yang khas. Terminal positif dan negatif biasanya ditempatkan di luar, tidak ada norma ada pada pengaturan dari kontak.

Terminal baterai positif dan negatif yang biasanya terletak di tepi luar konektor. Kontak dalam mengakomodasi jam dan data. (Pada sistem satu-kawat, jam dan tanggal tersebut digabungkan.) Untuk alasan keamanan, kawat termistor terpisah dibawa ke luar. Hal ini memungkinkan perlindungan suhu jika komunikasi digital dinonaktifkan.

Beberapa baterai dilengkapi dengan sebuah saklar solid-state yang biasanya dalam posisi off. Dalam kasus seperti, tegangan tidak hadir. Menghubungkan terminal kontrol beralih ke tanah akan mengubah baterai di. Jika ini tidak berhasil, kode berpemilik mungkin diperlukan untuk mengaktifkan baterai.

Bagaimana saya dapat menemukan terminal yang benar? Untuk mulai dengan, gunakan voltmeter untuk menemukan terminal baterai positif dan negatif. Menetapkan polaritas. Jika tegangan tidak tersedia, suatu saklar solid-state mungkin perlu diaktifkan. Dengan voltmeter terhubung pada terminal luar, mengambil sebuah resistor 100 Ohm (nilai-nilai lain juga dapat bekerja). Sambungkan salah satu ujung resistor ke tanah, dan dengan ujung menyentuh setiap terminal voltmeter itu sambil mengamati. Jika tegangan tidak muncul, baterai mungkin akan mati atau kemasan membutuhkan kode digital untuk mengaktifkan. Resistor baterai melindungi terhadap kemungkinan pendek listrik.

Setelah sambungan ke terminal baterai didirikan, pengisian harus mungkin. Jika biaya saat berhenti setelah 30 detik, sebuah kode digital mungkin diperlukan. Beberapa produsen baterai sejauh menambahkan didefinisikan switch akhir-hidup. Jika usia preset, siklus menghitung atau melampaui kapasitas, baterai berhenti berfungsi. Ketika bertanya mengapa aturan-aturan tersebut ditambahkan, produsen menjelaskan bahwa keselamatan abadi hanya dapat dijamin jika baterai tamper-bebas dan melakukan dengan baik. Hal ini masuk akal sehat tetapi motif terkemuka mungkin harga. Dengan tidak adanya persaingan, baterai pengganti dapat dijual dengan harga premium. Baterai baru umumnya lebih ramah daripada yang lebih tua .

Dianjurkan untuk menggunakan termistor selama biaya dan debit untuk melindungi baterai terhadap lebih dari pemanasan. Termistor ini dapat diukur dengan Ohm-meter. Termistor yang paling umum adalah 10 Kilo Ohm NTC jenis, yang membaca 10kOhm pada 20 ° C (68 ° F). NTC singkatan dari koefisien temperatur negatif, yang berarti bahwa yang melawan menurun dengan kenaikan temperatur. Sebuah koefisien temperatur positif (PCT) akan meningkatkan resistensi. Pemanasan baterai dengan tangan Anda mungkin cukup untuk mendeteksi perubahan nilai resistor.

Sebuah baterai SMBus berisi data permanen dan sementara. Data permanen diprogram ke dalam baterai pada saat manufaktur dan termasuk baterai nomor ID, jenis baterai, nomor seri, nama produsen, dan tanggal pembuatan. Data sementara yang diperoleh selama penggunaan dan terdiri dari menghitung siklus, pola pengguna dan kebutuhan pemeliharaan. Beberapa informasi ini diperpanjang selama hidup baterai.

1. Cara memperbaiki 'pintar' baterai

Beberapa aturan dasar yang harus diikuti dalam memperbaiki 'pintar' baterai. Jika sel-sel yang lemah, penggantian sel masuk akal ekonomi. Sementara sel berbasis nikel sudah tersedia, sel Lithium-ion tidak dijual di pasar terbuka. Kebanyakan memproduksi menawarkan mereka hanya dalam baterai selesai, bersama dengan sirkuit perlindungan. Tindakan pencegahan ini dapat dimengerti ketika mempertimbangkan bahaya ledakan dan kebakaran jika sel-sel dirakit dengan cara ceroboh. Selalu mengganti paket dengan sel-sel kimia yang sama.

Selama penggantian sel, sirkuit banyak 'pintar' baterai harus tetap hidup dengan tegangan suplai. Melepaskan sirkuit, jika hanya untuk sepersekian detik, dapat menghapus data penting dan membuat sirkuit unusable. Untuk menjamin operasi lanjutan ketika mengubah sel, menghubungkan tegangan sekunder melalui resistor 100 Ohm sebelum melepaskan sel. Hapus pasokan sekunder hanya setelah rangkaian diberi makan dengan yang dibutuhkan tegangan operasi dari sel-sel baru.

Terbuka tegangan terminal dari sel-sel pengganti harus berada dalam jarak 10% dari satu sama lain. Welding sel adalah satu-satunya cara yang dapat diandalkan untuk mendapatkan layanan diandalkan. Perhatian harus dibayar dalam membatasi panas yang ditransfer ke sel selama pengelasan. Panas berlebih dapat merusak sel.

Selama penyimpanan, setiap sel memiliki self-dibuang ke tingkat yang berbeda muatan. Hal ini sangat penting terutama pada Nickel-metal-hydride. Untuk menjamin biaya yang tepat dari semua sel tanpa pengisian yang berlebihan beberapa, aliran biaya paket yang baru diperbaiki selama sekitar 14 jam, kemudian menerapkan siklus charge, debit dan biaya. Siklus tersebut juga diperlukan untuk mengatur ulang sirkuit mengukur bahan bakar baterai. Lithium-ion dapat menerima biaya yang normal berlangsung sekitar 3 jam. The Cadex C7000 Series analisa baterai memiliki program yang melakukan fungsi priming ini secara otomatis.

2.Cara mengkalibrasi 'pintar' baterai

Dengan menggunakan dan waktu, pelacakan kesalahan terjadi antara baterai kimia dan sirkuit digital penginderaan. Hal ini menyebabkan hilangnya akurasi pembacaan SoC.

Penggunaan yang paling ideal dari 'pintar' baterai, sejauh akurasi bakar-gauge yang bersangkutan, adalah biaya penuh diikuti oleh debit penuh pada arus konstan. Dalam kasus seperti itu, pelacakan kesalahan akan kurang dari 1% per siklus. Dalam kehidupan nyata, bagaimanapun, baterai mungkin akan habis hanya beberapa menit dan beban dapat sangat bervariasi. Penyimpanan panjang juga memberikan kontribusi kesalahan karena sirkuit tidak dapat secara akurat mengimbangi self-discharge. Akhirnya, kapasitas sebenarnya dari baterai tidak lagi mensinkronisasikan dengan gauge bahan bakar dan biaya penuh dan debit yang dibutuhkan untuk 'belajar kembali' atau kalibrasi baterai.

Apa yang terjadi jika baterai tidak dikalibrasi secara teratur? Bisa seperti baterai digunakan dalam keyakinan? Kebanyakan 'pintar' baterai pengisi mematuhi perintah dari sel kimia daripada sirkuit elektronik. Dalam kasus ini, baterai akan sepenuhnya bertanggung jawab tanpa pengaturan bahan bakar gauge dan berfungsi secara normal, tetapi pembacaan digital akan menjadi tidak akurat. Jika tidak dikoreksi, gauge bahan bakar hanya menjadi gangguan.


Jika tidak ada debit penuh terjadi selama beberapa bulan sebagai bagian dari operasi normal, debit penuh disengaja diperlukan. Hal ini dapat dilakukan pada peralatan itu sendiri, pada pengisi daya dengan fungsi debit atau dengan baterai analyzer. Cadex memproduksi SMBus pengisi baterai dan analisa, yang keduanya dapat digunakan untuk menguji dan mengkalibrasi baterai. The Cadex SM2 + (Gambar 4) adalah pengisi tingkat-3 SMBus menampilkan pemilih target kapasitas yang disesuaikan sampai 60%, 70% atau 80%. Pemilih kapasitas target memeriksa kinerja dan bendera baterai yang tidak memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Pengisi bekerja seperti ini:

Jika baterai turun di bawah target, pengisi daya memicu kondisi cahaya. Pengguna diminta untuk menekan tombol kondisi untuk kalibrasi dan kondisi baterai dengan menerapkan siklus charge / discharge / muatan. Hijau 'siap' cahaya menerangi jika kapasitas tersebut bertemu di charge penuh. Jika baterai tidak sembuh, lampu gagal merekomendasikan penggantian. The SM2 + pengisi baterai mengakomodasi dengan pisau konektor 5-cabang oleh AMP. Layanan charger dan baterai baik SMBus non-SMBus. "jelek 'baterai tidak memberikan indikasi negara-of-keselamatan.

Untuk layanan baterai penuh, penganalisis baterai dianjurkan. The C7400 Cadex adalah analisa baterai yang dapat diprogram mampu pengujian cepat, pengisian, priming dan rekondisi berbagai macam baterai. Kemasan baterai menghubungkan dengan baterai adat SnapLock adapter, kabel diprogram atau adaptor Cadex FlexArm ™. Analyzer tidak memeriksa SMBus.

Gambar 5: 7400 Cadex baterai analyzer
Programmable 7400 Cadex layanan lithium, nikel dan timah berbasis baterai. SnapLock baterai adapter menyederhanakan antarmuka dengan jenis baterai yang berbeda. Sebuah program uji ukuran baterai cepat state-of-kesehatan di 3 menit, bebas dari biaya. Baterai berbasis nikel secara otomatis dikembalikan jika kapasitas turun di bawah kapasitas target yang ditetapkan pengguna.
Program QuickTest ™ mengukur baterai negara-of-kesehatan di tiga menit dengan mengumpulkan data dari enam variabel, dan menggabungkan mereka untuk memperoleh hasil tes. Meningkatkan mengembalikan baterai Lithium-ion yang tampaknya mati dengan kembali mengaktifkan sirkuit perlindungan yang telah dinonaktifkan melalui debit rendah. Perdana mempersiapkan dan mengkalibrasi baterai baru dengan berulang kali menerapkan biaya / siklus debit sampai kapasitas puncak tercapai. Auto merekondisi baterai berbasis nikel jika kapasitas target user-set tidak bisa dihubungi. Kustom memungkinkan pengaturan urutan siklus yang unik terdiri dari biaya, debit, rekondisi, aliran biaya atau kombinasi apapun, termasuk waktu istirahat dan mengulangi. OhmTest ™ mengukur ketahanan baterai internal.

Summary
Laptop batteries can be repaired but such work only makes economical sense for smaller operators. The success rate varies with battery type. One must remember that the 'smart' battery consists of two parts, the chemical cells and the digital circuit. In some cases, the chemical part can be fully restored but the fuel gauge may become inaccurate or other data may get corrupted.
Anyone attempting to repair SMBus battery must be aware of some non-compliance in the SBS forum. Unlike other tightly regulated standards, the SMBus protocol allows some variations. This may cause problems with existing chargers and the SMBus battery should be checked for compatibility before use. The need to test and approve the marriage between a specific battery and charger is unfortunate, given the fact that the SMBus battery is being promoted as being universal. Ironically, by adding more features to the SMBus charger and the battery, the higher are the likelihood of incompatibilities. Tighter regulations are desirable. More information on SMBus is available on www.sbs-forum.org and www.acpi.info. 

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Translate

Label

Copyright © 2012. ANDROID & COMPUTER - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Blog Bamz